Kata gurunda Ali Akbar, kita harus hidup di 2 dunia. Dunia nyata dan dunia maya.

Karena beliau selalu meminta kita untuk mengikat ilmu dengan menuliskannya, ini saya ada sedikit oleh-oleh dari seminar #OptimasiTwitter kemarin di hotel Harris, tebet. Semoga bermanfaat ya 🙂

@ilmuOPTIMASI terbagi menjadi 3, yaitu :

1. Optimasi Mesin Pencari

2. Optimasi Jejaring Sosial

3. Optimasi Perangkat Bergerak

Optimasi Twitter adalah salah satu jalur uang di internet yang termasuk dalam optimasi jejaring sosial. Orang yang mempelajarinya disebut #TwitterOptimizer.

Ada pembagian jenis dan kategori akun twitter bagi #TwitterOptimizer:

1. Twitter Personal

Cirinya adalah akun tersebut memiliki nama yang sama dengan nama asli pemilik akun tersebut. Kepemilikan dan identitasnya jelas. Biasanya juga ‘memajang’ foto diri. Misalnya akun @JamilAzzaini milik Jamil Azzaini, atau @noveldy milik Indra Noveldy.

2. Twitter Branding

Biasanya akun ini memiliki nama untuk pencitraan yang diambil dari ciri khusus yang mau dibentuk image-nya. Untuk kejelasan identitas pemiliknya, boleh diketahui publik secara jelas maupun secara implisit saja. Seleb Tweet yang menggunakan akun semacam ini antara lain @pakarSEO milik Ali Akbar dan @ipphoRIGHT milik Ippho D Santosa.

3. Twitter Marketing

Nah, pada akun marketing disarankan lebih baik bila identitas kepemilikannya terjaga rahasianya. Karena rasa penasaran itu adalah PEMASARAN. Dan bisa jadi pengelola suatu akun marketing tersebut bukanlah orang yang sebenarnya, Seperti pada akun @iniWanita yang selalu berbagi tentang dunia wanita, bisa jadi pemilik akun tersebut bukanlah seorang di dunia nyata. Menjaga kerahasiaan identitas adalah harus!

4. TLC (Twitter Local Content)

Biasanya berisikan info-info seputar informasi lokal yang dapat dibagi. Akun ini pada umumnya dikelola oleh seorang admin atau lebih. Data dan info sekitar adalah kekuatan dari aku ini. Bisa jadi pengelola akun twitter lokal ini sebenarnya tidak bertempat tinggal di lokasi yang di’kelola’nya. Triknya disini adalah “Jadi penguasa informasi dulu, baru jadi pengusaha informasi” 🙂 Contoh dari TLC adalah @aboutCirebon, @infoSemarang, @infoBDG, @info_depok dan sebagainya.

Sekian dulu ya…nanti kalau ada waktu lagi kita berbagi lagi yaaaaa 🙂

(Visited 35 times, 1 visits today)
Share This