Jumpa lagi 🙂

Kawan, kemarin kita sudah berkenalan dengan Post dan Page dalam website. Kita telah mengetahui apa saja Perbedaan Post dan Page, bagaimana cara menambahkannya, dan juga kegunaan serta fungsi dari mereka berdua. Nah, hari ini aku mau ceritain bagaimana sih, Cara Membuat Postingan di Website berbasis CMS WordPress. Kita praktek langsung ya 🙂

Cara Membuat Postingan di Website

Untuk dapat Membuat Postingan, langkah awal yang musti kita tempuh *macam menempuh hidup baru  adalah, masuk ke dalam admin dashboard dari website. Kita dapat mengakses halaman dashboard dari CMS WordPress ini dengan cara mengetikkan domain alamat website, ditambahkan garis miring (/) “wp-admin” pada kolom browser. Contohnya www.alamatweb.com/wp-admin.

Setelah kita mengetikkan alamat url wp-admin tersebut di atas, kita akan dibawa ke halaman masuk. Silahkan kawan semua memasukkan data username dan password pada kolom yang tersedia. Jika telah selesai, lalu kita klik “Login”.

Nah, inilah halaman dashboard admin website kita. Disini kita dapat mengatur semua kegiatan dalam situs yang kita miliki. Untuk membuat postingan, kita bisa memilih “Post” yang tersedia di menu sebelah kiri.

Setelah kita memilih “Post”, kita dapat mengklik “Add New” pada menu yang telah tersedia. Fungsi dari menu “Add New” ini adalah untuk membuka halaman di mana kita bisa mengisi materi dari postingan yang akan kita buat.

Kita bisa mulai membuat postingan di halaman ini, dengan cara mengisi kolom yang tersedia. Kolom yang paling atas kita isikan Judul dari post. Kolom besar di bagian bawahnya adalah tempat kita meletakan materi postingan yang akan kita tayangkan. Materi tersebut dapat berisikan tulisan, media, atau juga URL link.

Setelah selesai memasukkan dan menyetting semua materi postingan blog, artikel ataupun berita kita, jangan lupa untuk memilih “Category”. Kita dapat membuat maupun menambahkan kategori tulisan baru. Fitur ini bisa kita pergunakan sebagai fungsi pengelompokkan tulisan-tulisan kita.

Yang terakhir, pastikan kita juga memasukkan gambar untuk thumbnail atau gambar sampul dari tulisan kita. Hal ini dapat kita lakukan dengan cara mengklik “Set Featured Image” dan memilih image mana yang akan kita pakai sebagai gambar cover artikel.

Jika semua sudah yakin selesai diatur dan ditambahkan, kita dapat langsung klik “Publish”. Fitur ini yang akan berfungsi sebagai pengatur terbitnya postingan yang sudah kita buat tadi. Kita dapat memilihnya untuk langsung tayang, atau kita bisa juga menjadwalkan waktu untuk penayangan tulisan kita.

Sekarang duduk yang tenang, kita tunggu sampai halaman bekerja dengan sempurna. Jika sudah ada notifikasi bertuliskan “Post Published”, artinya tulisan kita telah selesai ditayangkan. Kita bisa melihat hasil postingan dari tulisan kita dengan mengklik “View Post”.

Semoga berguna ya sharingnya. Selamat membuat postingan pada websitemu 🙂

 

(Visited 72 times, 1 visits today)
Share This